Cloud Hosting Indonesia

Amankan Natal 2023, Polres Dumai Gelar Operasi Lilin Lancang Kuning


DUMAI - Polres Dumai Jajaran Polda Riau menggelar Apel pasukan Operasi Lilin Lancang Kuning tahun 2023. Kegiatan ini dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Apel digelar di halaman Mapolres Dumai, di Jalan Jendral Sudirman No 01 Kelurahan Buluh Kasap Kecamatan Dumai Timur, pada Kamis (21/12/2023).

Dalam hal ini Apel pasukan Operasi Lilin Lancang Kuning 2023 Polres Dumai dipimpin oleh Walikota Dumai, H. Paisal dan didampingi oleh Waka Polres Kompol Josina Lambiombir.

Sementara Kasat Samapta Polres Dumai AKP M. Sahudi bertindak sebagai Perwira Apel, sedangkan Kanit Regident Satlantas Polres Dumai Ipda Andri Saputra bertindak sebagai Pimpinan Apel.

Adapun pasukan apel terdiri dari personel TNI–Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan Kota Dumai, Jasa Raharja Wilayah.

Selain itu tampak juga dalam pasukan Apel yakni Basarnas Dumai, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Imigrasi Kelas II, KPPBC TMP B, Dinas Kesehatan, KSOP, Pemuda Pancasila, Pemuda Batak Bersatu, Senkom serta Pramuka Saka Bhayangkara Kota Dumai.

Walikota Dumai dalam pelaksanaan ini membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo.

Dikatakan Walikota, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana dan prasarana (sarpras) yang akan digunakan selama pelaksanaan Operasi Lilin Lancang Kuning 2023.

"Sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di Kota Dumai dapat berjalan dengan optimal," ucap Paisal.

Pengamanan Nataru, lanjut Wako, merupakan tugas rutin yang dilaksanakan secara serentak guna memastikan Nataru berjalan dengan aman, nyaman dan lancar, sebagaimana penekanan Presiden Republik Indonesia bahwa, Nataru ini rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok.

"Hal tersebut penting karena momentum Nataru telah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat," terangnya.

Sementara itu, dalam kesempatan ini juga, Wakapolres Dumai Kompol Josina Lambiombir, mengatakan pihaknya berkomitmen menjaga keamanan dan ketertiban saat Nataru, sehingga masyarakat dapat beraktivitas dengan aman dan nyaman.

Disampaikan Wakapolres Dumai, sebanyak 83 personel Polres Dumai dilibatkan dalam pelaksanaan Operasi Lilin Lancang Kuning 2023 ini, 38 personel diantaranya tergabung dalam Satgas Operasi Lilin Lancang Kuning 2023 Polres Dumai. Sementara 45 lainnya akan disebar ke Pos Pengamanan Ramayana, Pos Pengamanan Jalan Tol, Pos Pelayanan Pelabuhan Roro, Pos Pelayanan Pelabuhan Pelindo dan Pos Pelayanan Terminal AKAP.

“Melalui Operasi Lilin Lancang Kuning 2023, Polres Dumai berkomitmen menjaga keamanan dan ketertiban saat Nataru dan memastikan perayaan Natal berjalan dengan khidmat, gembira dan aman, demikian juga liburan masyarakat lancar dan bersukacita menyambut Tahun Baru 2024,” pungkas Wakapolres Dumai.

Diakhir pelaksanaannya, Wakapolres Dumai juga menghimbau seluruh masyarakat agar berperan aktif menjaga lingkungan dari tindakan kejahatan, narkoba dan lainnya agar tercipta lingkungan yang aman dan nyaman. Serta tak lupa menjaga kebersihan dan kebugaran tubuh demi kesehatan agar terhindar dari Covid-19. ***

Lebih baru Lebih lama

Classic Header

ads2

Cloud Hosting Indonesia